Minggu, 08 Maret 2015

Dasar-dasar pada Sistem Pendingin Chiller

Pada blog ini saya akan berbagi tentang sistem pendingin pada chiller,dimana biasa chiller digunakan pada setiap gedung-gedung besar dan komersial,terutama penggunaan khusunya pada Hotel.
Fungsi dari Chiller ini kita sudah tentunya tahu,terutama untuk teman-teman yang ahli pada bidang ini,tepatnya para Teknisi atau Engineer khususnya divisi HVAC,sudah tidak asing lagi dengan Chiller...?.
Chiller atau sering disebut dengan AC sentral merupakan  mesin refrigerasi yang mempunyai fungsi utama sebagai pendingin air pada sisi evaporatornya,dimana air dingin yang dihasilkan evaporator selanjutnya dikirim ke mesin penukar panas/kalor atau sering disebut dengan FCU(Fan Coil Unit) pada kapasitas kecil dan AHU(Air Handling Unit)pada kapasitas besar.Pada sistem pendingin,Chiller dibedakan berdasarkan jenis kompresor dan juga kondensornya.

Jenis Chiller berdasarkan jenis kompresornya :
1.Reciprocating
2.Screw
3.Centrifugal
Jenis Chiller berdasarkan jenis kondensornya :
1.Air Cooler (Media dengan menggunakan udara sekitar)
2.Water Cooler (Media dengan menngunakan air)

Gambar skema Chiller :
Cara kerja Chiller pada gambar disamping menjelaskan refrigerant didalam kompresor dikompresikan kemudian dialirkan ke kondensor,refrigerant yang mengalir ke kondensor mempunyai tekanan dan temperatur tinggi,dikonsensor refrigerant yang bertemperatur tinggi didinginkan oleh udara sekitar oleh fan(kipas) kondensor,sehingga terjadi perubahan fase dari uap menjadi cair,kemudian refrigerant mengalir menuju pipa kapiler dan terjadi penurunan tekanan,dan setelah keluar dari pipa kapiler,refrigeran masuk kedalam evaporator.Didalam evaporator refrigeran mulai menguap,hal ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan yang mengakibatkan titik didih refrigern menjadi lebih rendah.Didalam evaporator terjadi fase perubahan refrigeran dari cair menjadi uap,dan terjadi perpindahan kalor yang bersuhu rendah,dimana air didinginkan oleh refrigeran.Didalam evaporator air sebagai bahan pendingin sekunder yang telah didinginkan sampai temperatur tertentu kemudian dialirkan oleh sebuah pompa menuju koil-koil pendingin dalam ruangan,dan air akan bersirkulasi terus menerus selama sistem pendingin bekerja.

Mohon saran dan masukan untuk para pembaca,apabila ada kesalahan dan juga hal-hal yang belum dimengerti tentang artikel pada blog ini.sekian dan terimakasih....

8 komentar:

  1. pak sy cari air cooler 250 tr-. 300 tr buat gedung kalau ada second aja mohon info,y

    BalasHapus
  2. Kalau cooler yang paling bagus merk apa ya?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,stp,boiler oli industri Dll harga nego, untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
      WA:081310849918

      Hapus
  4. Tolong jelas jenis compresor yg d tulis d atas perbedaannya trimaksih.

    BalasHapus
  5. Tolong ksih thu ukurn air d isi brp liter utk yg 5 pk?atau itungannya gmna cra dn jumlah air yg hrus d isi? Bls k sultonnusontoro@gmail.com trimaksih seblmnya.

    BalasHapus
  6. Segala solusi waterchiller dan kompresor di cv teknik utama. Pertanyaan email ke scrcomp.surabaya@gmail.com. atau wa 082111009009. Akan kami jawab semampunya meski tdk beli ��

    BalasHapus
  7. Kalo merek hakai bagus ga ya kira kira

    BalasHapus